Mudah Cara Menggadaikan Emas di Pegadaian 2021 

Gadai emas di Pegadaian kerap kali lebih menguntungkan daripada digadaikan di tempat lain. Untuk itu, cara menggadaikan emas di Pegadaian banyak dicari oleh masyarakat. Terlebih Pegadaian memiliki motto untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka. Itulah mengapa Pegadaian menerima banyak barang untuk digadai dengan cara mudah. Termasuk cara gadai emasi di Pegadaian pun sebenarnya mudah, cepat, dan tidak banyak syarat. Yuk, simak cara menggadai emas di Pegadaian berikut!

Persyaratan Cara Menggadaikan Emas di Pegadaian

Sebelum Anda mengikuti cara gadai emas di Pegadaian, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui syarat menggadaikan emas di Pegadaian. Anda tidak perlu khawatir karena persyaratan gadai emas di Pegadaian pun cukup mudah dan cepat. Adapun syarat menggadaikan emas di Pegadaian adalah sebagai berikut.

Pertama, Anda memerlukan indentitas pribadi seperti SIM, KTP, atau Paspor yang masih aktif. Selanjutnya, cara gadai emas di Pegadaian, Anda harus membawa emas yang hendak Anda gadai. Akan lebih baik jika surat emas juga Anda sertakan.

Syarat menggadaikan emas di Pegadaian lainnya yaitu Anda perlu membawa KK (Kartu Keluarga) terbaru. Namun, ada Pegadaian yang tidak meminta syarat KK. Sebagian Pegadaian hanya meminta identitas pribadi seperti SIM, KTP, atau Paspor. Anda perlu membawa identitas asli ketika hendak mengajukan gadai emas di Pegadaian.

Syarat menggadaikan emas di Pegadaian lainnya yaitu Anda perlu memiliki nomor telepon aktif. Pihak Pegadaian akan menghubungi Anda ketika jatuh tempo sudah dekat. Biasanya dua minggu sebelum jatuh tempo, Anda akan dihubungi melalui WA oleh pihak Pegadaian.

Adapaun syarat menggadaikan emas di Pegadaian lainnya, menyesuaikan jenis pinjaman yang Anda ambil.

Cara Gadai Emas di Pegadaian

Cara menggadai emas di Pegadaian sebenarnya cukup mudah. Setelah Anda memenuhi persyaratan gadai emas di Pegadaian, Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat di kota Anda. 

Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan syarat menggadaikan emas di Pegadaian seperti kartu tanda identitas seperti KTP, Paspor atau SIM. Anda juga bisa membawa KK jika memang Pegadaian tempat Anda menggadai emas mensyaratkannya. 

Cara menggadai emas di Pegadaian selanjutnya yaitu Anda perlu membawa emas yang akan Anda gadaikan. Jika ada surat-surat emas tersebut, maka bisa Anda bawa. Namun, Pegadaian juga menerima cara gadai emas di Pegadaian tanpa surat. Tidak perlu khawatir. Anda bisa tetap menggadaikannya ke Pegadaian dengan syarat Anda perlu membawa kartu identitas Anda.

Jika ada surat yang menunjukkan bukti emas yang Anda gadai asli, Anda bisa membawanya. Jika tidak ada pun tidak masalah. Sebab, pihak Pegadaian akan menkasir harga emas sekaligus keaslian emas tersebut. 

Cara menggadai emas di Pegadaian selanjutnya yaitu dengan mengisi formulir. Anda akan menerima formulir begitu tiba di kantor Pegadaian. Isi formulir tersebut sesuai data diri Anda sebenarnya dan lengkap.

Jika sudah, pihak Pegadaian akan mengecek data Anda dan menaksir harga emas untuk Anda. Terakhir, Anda perlu tanda tangan SBK (Surat Bukti Kredit). Maka, Anda akan langsung menerima uang tunai dari emas yang Anda gadai tersebut.

Cara menggadaikan emas di Pegadaian ini tergolong mudah. Syarat menggadaikan emas di Pegadaian pun mudah untuk Anda penuhi dan pasti Anda memiliki. Jadi, jika Anda sedang dalam kebutuhan mendesak dan Anda memiliki perhiasan, tak ada salahnya mengikuti cara gadai emas di Pegadaian.

Syarat Gadai Emas di Pegadaian Membutuhkan Biaya

Lalu, apakah akan dikenakan biaya? Ya, Anda akan dikenakan biaya seperti biaya pinjaman dan biaya administrasi. Sebab, biaya adalah bagian dari syarat gadai emas di Pegadaian. Lebih jelasnya, berikut biaya yang perlu Anda keluarkan sebagai syarat gadai emas di Pegadaian.

Jumlah Pinjaman Biaya Administrasi
Rp 10 juta-Rp 15 jut 75 ribu
Rp 5 juta-Rp 10 juta 50 ribu
Rp 2.5 juta-5 juta 35 ribu
Rp 1 juta-Rp 2.5 juta 20 ribu
Rp 500 ribu-Rp 1 juta 10 ribu
Rp 50 ribu-Rp 500 ribu 2 ribu