Bansos UMKM

Gaji: Penghasilan minimum 3 jt per bulan
Besaran rate bunga: 0.06% per hari
Umur: Minimal Umur 21 tahun
→ Ajukan untuk pinjaman
Kondisi peminjaman: Pengajuan UMKM langsung cair 2021

Bansos UMKM, Bantuan Modal Usaha dari Pemerintah untuk Para Pelaku UMKM

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) secara sederhana merupakan usaha ekonomi produktif berskala kecil yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha. Sebagaimana diketahui bersama, jumlah UMKM di Indonesia sangatlah besar, dan oleh karenanya harus selalu didukung supaya bisa terus berkembang. Berbagai cara telah dilakukan oleh banyak pihak termasuk pemerintah dengan menyediakan program bantuan untuk mengembangkan UMKM-UMKM yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan menyalurkan bansos UMKM dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM. 

Selain untuk mengembangkan UMKM, bansos UMKM ini juga bertujuan untuk mempercepat program pemulihan ekonomi nasional. Adapun cara daftar bansos UMKM juga cukup mudah karena dapat dilakukan secara online dan offline dengan mendatangi Dinas Koperasi dan UMKM domisili. Selain itu, beberapa persyaratan lain seperti kelengkapan berkas atau dokumen juga cukup mudah untuk dipenuhi. Apabila telah memenuhi syarat yang ditentukan, semua pelaku UMKM bisa daftar bansos UMKM dengan mendaftarkan UMKMnya melalui laman yang disediakan oleh Kementerian Investasi/BKPM. Dengan melakukan pendaftaran melalui laman tersebut, pelaku UMKM akan mendapatkan Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) sebagai salah satu syarat untuk mengajukan BLT UMKM Cara daftar bantuan UMKM

Adapun saat ini, terdapat dua bank yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mencairkan dana BLT UMKM kepada pelaku UMKM yang dinyatakan terdaftar dan berhak untuk menerima bansos UMKM tersebut, yaitu bansos UMKM BRI dan bansos UMKM BNI. Apabila pelaku UMKM telah terdaftar sebagai penerima bansos UMKM, maka pencairan dana akan dilakukan melalui kedua bank tersebut.

Syarat Daftar Bansos UMKM

Pada dasarnya, bansos UMKM berupa BLT UMKM yang disediakan oleh pemerintah untuk mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia serta untuk mempercepat program pemulihan ekonomi nasional ditujukan kepada seluruh UMKM yang telah memenuhi beberapa syarat tertentu. Dengan kata lain, semua UMKM yang telah memenuhi syarat bisa daftar bansos UMKM online dan offline sehingga berkesempatan untuk mendapatkan BLT UMKM tersebut. Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku UMKM untuk bisa mendapatkan bansos UMKM tersebut, antara lain, pertama, berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP. 

Kedua, usaha mikro yang dimiliki telah dilengkapi dengan Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Adapun ketiga dokumen tersebut bisa didapatkan dengan mendaftarkan UMKMnya ke laman yang disediakan oleh Kementerian Investasi/BKPM. Ketiga, pelaku UMKM bukan merupakan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN/BUMD, maupun TNI/POLRI. Keempat, pelaku UMKM tidak sedang menerima KUR atau kredit pembiayaan dari bank. Apabila semua persyaratan tersebut telah dipenuhi, maka pelaku UMKM sudah bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan UMKM bansos.

Tahap-Tahap Pendaftaran Bansos UMKM

Terdapat beberapa tahap atau langkah yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM untuk bisa mendapatkan bansos UMKM dari pemerintah. Adapun tahapan-tahapan tersebut, yaitu, pertama, pelaku UMKM harus mendaftarkan usaha mikro yang dimilikinya terlebih dahulu melalui laman yang disediakan oleh Kementerian Investasi/BKPM. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) sebagai salah satu syarat untuk bisa melakukan pendaftaran bansos UMKM. Kedua, pelaku UMKM mendaftarkan diri melalui Dinas Koperasi dan UMKM domisili dengan melampirkan SKU, NIB, IUMK, KTP, dan KK. Adapun pendaftaran bisa dilakukan baik secara online maupun offline dengan mengunjungi dinas tersebut secara langsung. Setelah itu, pelaku UMKM dipersilakan untuk mengisi formulir pendaftaran secara lengkap. Adapun semua data tersebut akan diverifikasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM serta pihak-pihak terkait untuk menentukan apakah pemohon memenuhi syarat sebagai penerima bansos UMKM atau tidak. Untuk mengetahui apakah pengajuan bansos UMKM disetujui atau tidak, pemohon bisa mengeceknya melalui laman eform BRI atau banpresbpum dengan menyiapkan NIK KTP. Selain itu, biasanya, apabila permohonan bansos UMKM telah disetujui, pemohon akan mendapatkan SMS dari Bank BRI atau Bank BNI untuk keperluan pencairan dana bansos UMKM tersebut.

Cek bank ini

Gaji: Min 3 jt/ bulan penghasilan
Besaran rate bunga: Mulai dari 1.45% per bulan
Umur: Usia Min 20 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Pengajuan koperasi mekar tanpa jaminan 2021
Gaji: Penghasilan minimum 3 jt per bulan
Besaran rate bunga: 0.06% per hari
Umur: Minimal Umur 21 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Pengajuan UMKM langsung cair 2021