Bantuan UMKM

Gaji: Gaji minimal 2 juta/ bulan
Besaran rate bunga: Mulai dari 0.79% per bulan
Umur: Minimal usia 21 tahun
→ Ajukan untuk pinjaman
Kondisi peminjaman: Dapatkan bantuan UMKM bansos untuk usaha mikro 2021

Apa Itu Bantuan UMKM dan Persyaratan Untuk Daftar BLT UMKM Online

Apa Anda penggiat usaha? Usaha sedang susah karena pandemi yang sedang melanda saat ini? Jangan khawatir! Pemerintah saat in telah gencar memberikan berbagai macam bantuan bagi penggiat usaha khususnya UMKM. Pastinya karena bantuan UMKM ini merupakan penggerak roda perekonomian Indonesia. Namun bagi Anda yang masih belu paham tentang UMKM simak informasi berikut ini. UMKM sendiri merupakan sebuah singkatan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Dengan begitu UMKM ini merujuk kepada sebuah usaha dalam skala kecil yang didirikan oleh perseorangan maupun kelompok. UMKM inilah yang berperan besar pada perekonomian negara sehingga pemerintah memberikan serangkaian bantuan agar UMKM tetap hidup. Cara daftar UMKM atau usaha Anda sendiri bisa dilakukan dengan mudah,

Anda bisa mengunjungi https://oss.go.id. Pada situs web ini, lakukan pembuatan akun. Setelah akun berhasil dibuat, klik menu ‘Perizinan Berusaha’ dan pilih ‘Perseorangan’. Setelah itu daftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan klik ‘Pendaftaran NIB Perseorangan Mikro’ atau ‘Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil’ sesuai dengan jenis usaha Anda. Selanjutnya lanjutkan proses NIB dan Izin Usaha. Jangan lupa untuk melengkapi kolom yang kosong pada formulir Data Profil dan klik ‘Simpan’ dan ‘Lanjutkan’. Setelah selesai, Anda bisa menambahkan usaha Anda di formulir Data Usaha dengan klik tombol ‘Tambah Usaha’. Setelah itu lengkapi data yang diperlukan pada formulir Data Usaha lalu klik ‘Simpan’. Kirimkan permohonan Izin Lingkungan dan Izin Lokasi melalui formulir Komitmen Prasarana Usaha. Jika selesai, Anda bisa melihat rangkuman datan dan preview draft NIB, Izin Lingkungan, Izin Lokasi, dan Izin Usaha pada menu Draft NIB dan Izin Usaha. Mudah bukan cara daftar bantuan UMKM ini Cara daftar UMKM.

Cara Daftar Bantuan UMKM dan Mendapatkan Bantuan UMKM Untuk Usaha Anda

Setelah berhasil mendapatkan Nomor Induk Berusaha dengan cara di atas, Anda bisa memproses Izin Komersial maupun Operasional sebelum mengajukan bantuan UMKM. Jadi sebelum mengikuti cara mendaftar bantuan UMKM pastikan Anda mengikuti cara berikut ini. Cara untuk menerbitkan izin Komersial atau Operasional adalah dengan mengunjungi situs web yang sama dengan sebelumnya. Pada situs web tersebut klik menu ‘Permohonan’, ‘IUMK’, lalu ‘Izin Komersial/Operasional’. Setelah itu pilih nomor NIB atau Nama Kegiatan Usaha Anda. Lanjutkan dengan klik ‘Pilih NIB’. Jika daftar kegiatan usaha muncul, klik ‘Pilih Kegiatan Usaha’. Selanjutnya pilih ‘Izin Komersial/Operasional’. Jika sudah, lengkapi data yang diperlukan dan klik ‘Lanjut dan Simpan’. Jika pengajuan berhasil, lihat draft Izin Komersial/Operasional dengan mengklik menu ‘Preview Izin’. Klik ‘Lanjut dan Simpan’ jika sudah benar. Terakhir, terbitkan OSS pada Output Izin Komersial/Operasional dengan klik ‘Preview Izin Komersial/Operasional’.

Jika langkah ini sudah selesai, berarti Anda sudah mempunyai semua berkas yang dibutuhkan. Usaha atau UMKM Anda sudah secara otomatis terdaftar dan akan terdaftar sebagai penerima bantuan. Anda pastinnya akan mendapatkan notifikasi bila bantuan sudah diterima. Biasanya bantuan UMKM ini akan dicairkan melalui rekening bank pemerintah yang Ada miliki. Beberapa bank pemerintah yang dipilih untuk pencairan dana bantuan UMKM ini adalah bank BNI dan bank BRI. Jadi pastikan Anda memiliki rekening di salah satu bank pemerintah ini untuk memudahkan penerimaan bantuan. Jangan lewatkan semua cara daftar blt UMKM online yang sudah dipaparkan di atas.

Cara Mencairkan Bantuan UMKM dan Cara Daftar UMKM BRI Maupun Bank Lain

Setelah mengikuti semua cara daftar bantuan UMKM secara online, Anda bisa menunggu proses pencairran bantuan UMKM ini. Seperti yang suda dijabarkan sebelumnya bahwa bantuan UMKM ini biasanya dicairkan melalui bank BNI maupun BRI yang merupakan bank pemerintah. Proses pencairannya sendiri adalah mendapatkan notifikasi dari bank terkait, membawa dokumen yang diperlukan (NIB, KTP, dan KK), menandatangi dokumen pertanggungjawaban, dan memverifikasi data.  Setelah semua proses ini selesai, pihak bank akan langsung menyalurkan bantuan UMKM secara tunai atau ke dalam rekening bank Anda. Bantuan yang diberikan sendiri berjumlah 1,2 juta dan bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda.

Cek bank ini

Gaji: Minimal gaji 4 juta/ bulan
Besaran rate bunga: Bunga 2.3%
Umur: Usia min 19 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Dapatkan pulsa darurat tanpa syarat hanya di Indosat 2021
Gaji: 10juta per bulan
Besaran rate bunga: 3% per bulan
Umur: Minimal 21 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Ajukan Syarat dan cara membuat kartu blcak card BCa tahun 2021