BLT UMKM

Gaji: Dari 2 juta/ bulan
Besaran rate bunga: Bunga mulai dari 1.59% per bulan
Umur: Umur 21 tahun
→ Ajukan untuk pinjaman
Kondisi peminjaman: Pengajuan BLT UMKM online langsung cair 2021

Manfaatkan BLT UMKM di Masa Pandemi Covid-19.

Pandemi virus covid-19 yang telah terjadi selama beberapa tahun terakhir membuat beberapa sektor perekonomian menjadi tersendat, termasuk dari sektor UMKM yang dirasa paling besar terdampaknya. Terlebih lagi dengan adanya pperaturan pembatasan sosial bersekala besar yang terus berlanjut akan semakin membuat pelaku usaha mikro menjadi kalang kabut. Tapi tenang saja pemerintah juga terus mencari solusi agar industri UMKM tidak terkesan jalan ditempat bahkan hingga berhenti. Salah satu keputusan yang telah diambil oleh pemerintah adalah dengan adanya bantuan lansung tunai atau BLT khusus bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau lebih sering disebut UMKM.

Untuk pencarian BLT UMKM sendiri bisa dilakukan melalui bank-bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah, dan salah satunya adalah Bank BRI. Guna mendapatkan BLT UMKM BRI pelaku usaha umkm harus terdaftar terlebih dahulu di dinas terkait. Apabila UMKM telah terdaftar dan memiliki nomer/surat izin maka barulah dapat melakukan pendaftaran BLT UMKM Online dengan melengkapi berkas-berkas yang telah ditentukan.

Bagaimana Proses Pendaftaran BLT UMKM?

Untuk mendapatkan BLT UMKM masyarakat pelaku usaha UMKM harus mendaftarakan/mengusulkan usaha yang dijalaninya ke dinas atau koperasi yang membidangi usaha mikro, kecil dan menengah atau dapat juga mengajukan secara online di https://oss.go.id/. Selain itu ada juga beberapa syarat yang harus dipenuhi agar palaku usaha mikro dapat menerima BLT UMKM diantaranya adalah harus warga Negara Indonesia (WNI), memiliki e-KTP, memiliki surat izin atau nomer induk berusaha, bukan anggota TNI-POLRI dan pegawai BUMN/BUMD. seta tidak sedang menerima kredit usaha rakyat. Lalu setelah semua syarat terpenuhi, barulah dapat dilanjutkan dengan mendaftar BLT UMKM OnlineJika tidak ingin mengantri lama di bank, pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman website yang telah disediakan oleh penyalur bantuan seperti eform.bri.co.id/bpum

Sudahkan Mengecek Daftar Nama Penerima BLT UMKM?

Setelah melakukan pendaftaran secara online,selanjutnya  cara mengecek BLT UMKM dapat juga dilakukan melalui website yang telah disediakan yaitu eform.bri.co.id/bpum untuk bank BRI dan banpresbpum.id untuk bank BNI .  Dengan mengisikan NIK yang telah terdaftar ketika melakukan pengajuan izin usaha UMKM dan mengisi kode verifikasi kemudian klik proses, maka dengan melakukan hal tersebut merupakan cara mengecek penerima UMKM. Namun apabila ketika nomer NIK yang telah dimasukkan bukan termasuk penerima BLT UMKM, cobalah mendaftarkan ulang dan pastikan NIK yang telah digunakan untuk mendaftar/mendapat izin usaha sama dengan nomer NIK ketika mendaftarkan diri guna mendapatkan BLT UMKM kemudian ulangi cara mengecek penerima bantuan UMKM yang telah dijelaskan sebelumnya.

Bantuan BLT UMKM untuk Membantu Perputaran Ekonomi Rakyat.

Dengan adanya kebijakan pemerintah berupa bantuan BLT UMKM senilai Rp1.200.000 diharapkan agar para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dapat sedikit bernafas lega dan dapat sedikit membantu memecahkan masalah ekonomi yang dialaminya. Hingga bulan Agustus 2021 pemerintah telah berhasil mencairkan sebanyak 2 kali BLT UMKM dengan target jumlah penerima 12,8 juta pelaku usaha dengan rincian 9,8 juta pada tahap pertama dan 3 juta pada tahap kedua. Kini pemerintah kembali membuka kesempatan kepada pelaku usaha mikro dengan merealisasikan BLT UMKM tahap 3 yang rencananya akan disalurkan kepada 3 juta pelaku usaha UMKM. Dalam hal tersebut pencairan rencananya akan dibagi dalam 3 periode yakni mulai bulan Juli, Agustus hingga September Bantuan UMKM mekar.

Melalui halaman e-form BRI BLT UMKM yang telah tersedia, masyarakat dapat melakukan pengecekan guna pencairan dana BLT yang telah didapatkannya tanpa harus repot-repot mengantre panjang dan memakan waktu yang lama. Bagi nasabah BRI maupun BNI yang ingin mendapatkan BLT UMKM haruslah mengerti proses dan cara pengajuan yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya. Ingat, hanya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah saja yang dibuktikan dengan nomer induk berusaha atau surat ijin usaha yang nantinya dijadikan salah satu syarat untuk pengajuan ke dinas/koperasi terkait, guna mendapat surat rekomendasi sebagai pmenerima bantuan langsung tunai sebesar Rp1.200.000 tersebut, dimana di tahun 2021 ini rencanya target dari bantuan tersebut akan disalurkan kepada 3 juta pelaku UMKM diseluruh Indonesia.  

Cek bank ini

Gaji: Mulai dari 2, 5 juta/ bulan
Besaran rate bunga: Dari 3% / bulan
Umur: Mulai 17 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Pengajuan pinjam uang 10 juta hanya di bank BRI terbaru 2021
Gaji: Minimal 2 juta / bulan
Besaran rate bunga: Mulai dari 2%
Umur: Usia 19 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Ajukan pinjaman KUR Bank BRI dengan tabel pinjaman Bank BRI terbaru 2021