Daftar UMKM

Gaji: Gaji dibawah 1 juta
Besaran rate bunga: Mulai dari 0.79% per bulan
Umur: Batas usia pemohon dari 21 tahun
→ Ajukan untuk pinjaman
Kondisi peminjaman: Cara daftar UMKM untuk bantuan UMKM online di 2021

Butuh Bantuan Untuk Usaha Anda? Daftar UMKM Saja!

Sudah pernah mendengar tentang istilah UMKM? UMKM adalah sebuah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Dengan begitu UMKM ini merujuk pada sebuah usaha yang didirikan dan dijalankan oleh perseorangan ataupun kelompok. Namun tidak semua usaha perseorangan maupun kelompok bisa dikatakan sebagai UMKM. Daftar UMKM hanya bisa ditentukan melalui kriteria yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2008 dan PP No. 7 tahun 2021. Adapun kriteria tersebut adalah modal maksimal 1 M untuk usaha mikro, 1 M sampai 5 M untuk usaha kecil, dan 5 M sampai 10 M untuk usaha menengah. Namun modal ini tidak termasuk bangunan maupun tanahnya. Kriteria lainnya adalah penjualan maksimal 2 M untuk usaha mikro, 2 M sampai 15 M untuk usaha kecil, dan 15 M sampai 50 M untuk usaha menengah.

UMKM sendiri bisa dikatakan sebagai penggerak roda perekonomian di Indonesia. Hal ini karena UMKM dapat menyerap tenaga kerja yang lebih banyak, menghasilkan produk lokal yang berkualitas, dan masih banyak lagi. Maka dari itu pemerintah gencar memberikan penyuluhan maupun bantuan untuk mendorong kemajuan UMKM. Apalagi di saat pandemi seperti ini dimana UMKM banyak gulung tikar karena turunnya pembelian. Jika Anda mengalami hal ini, Anda bisa mengajukan bansos UMKM yang disediakan oleh pemerintah. Bantuan sosial untuk UMKM ini bernilai 1,2 juta rupiah dan diberikan untuk semua penggiat UMKM Pinjaman UMKM bri.

Ketahui Cara Daftar UMKM dan Bantuan UMKM dengan Mudah dan Cepat Secara Online Ini!

Setelah mengetahui tentang UMKM di atas, Anda pasti tertarik untuk mengajukannya bukan? Tidak masalah! Jika Anda mempunyai sebuah usaha yang termasuk ke dalam kriteria UMKM, Anda bisa langsung mengajukan bantuan UMKM ini secara online. Adapun cara daftar UMKM adalah sebagai berikut. Pertama, Anda harus menyiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut seperti Nomor Induk Berusaha atau NIB, izin komersial atau operasional, KTP, dan data diri pribadi lainnya. Setelah semua berkas siap, kunjungi situs web https://oss.go.id. Situs ini bisa Anda gunakan untuk mengajukan NIB jika belum punya.

Pada situs tersebut Anda bisa memilih jenis usaha, melengkapi data pribadi, dan mamasukan data usaha Anda. Setelahnya NIB akan diproses dan usaha Anda sudah mendapatkan NIB. Setelahnya, di situs web yang sama Anda bisa mengajukan izin komersial maupun operasional. Caranya adalah dengan klik menu ‘Permohonan’, ‘IUMK’, lalu pilih ‘Izin Komersial/Operasional’. Setelah itu pilih nomor NIB atau Nama Kegiatan Usaha Anda dan klik ‘Pilih NIB’. Jika daftar kegiatan usaha sudah muncul, klik ‘Pilih Kegiatan Usaha’. Selanjutnya pilih ‘Izin Komersial/Operasional’. Jika sudah, lengkapi data yang diperlukan dan klik ‘Lanjut dan Simpan’. Jika pengajuan berhasil, Anda bisa melihat draft Izin Komersial/Operasional dengan mengklik menu ‘Preview Izin’. Klik ‘Lanjut dan Simpan’ jika sudah benar. Anda juga bisa menerbitkan OSS pada Output Izin Komersial/Operasional dengan klik ‘Preview Izin Komersial/Operasional’. Itulah cara daftar BLT UMKM online.

Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan dengan Daftar UMKM dan BLT UMKM Sekarang

Mudah dan praktis sekali bukan cara daftar UMKM ini? Dengan mendaftarkan usaha Anda sebagai UMKM, Anda bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan. Salah satunya adalah dengan mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Modal usaha ini bisa Anda gunakan untuk melengkapi peralatan usaha Anda, memperbesar usaha Anda, atau sekedar untuk mempertahankan usaha Anda di tengah-tengah pandemi seperti ini. Proses pendaftaran yang cepat dan mudah juga pastinya tidak akan menghalangi Anda untuk mendaftar UMKM. Pastinya karena Anda tidak perlu datang ke kantor pemerintahan terdekat untuk sekedar cara mengeCek BLT UMKM atau mendaftarkan UMKM Anda.

Maka dari itu, segera lengkapi semua berkas yang diperlukan dan daftarkan usaha Anda segera di tahun 2021 ini. Dengan begitu, jika ada bantuan-bantuan atau program khusus UMKM yang dijalankan oleh pemerintah, Anda bisa mendapatkannya juga. Tentunya hal ini akan sangat membantu usaha Anda untuk semakin berkembang dan maju. Jadi jangan ragu untuk daftar UMKM sekarang juga!

Cek bank ini

Gaji: Minimum pendapatan 3 juta
Besaran rate bunga: Mulai dari 1.3% per bulan
Umur: Batas usia pemohon dari 21 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Pengajuan bantuan UMKM BRI tanpa jamianan 2021
Gaji: Min gaji Rp 2.2 Juta
Besaran rate bunga: Bunga tiap bualn 3.4%
Umur: Usia minimal 25 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Promo pinjaman bri syariah untuk kredit tanpa agunan terbaru 2021