PNM Mekar

Gaji: Min 3 jt/ bulan penghasilan
Besaran rate bunga: Mulai dari 1.45% per bulan
Umur: Usia Min 20 tahun
→ Ajukan untuk pinjaman
Kondisi peminjaman: Pengajuan koperasi mekar tanpa jaminan 2021

PNM Mekar, Solusi Permodalan untuk Pelaku Usaha Ultra Mikro Perempuan Prasejahtera

PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera atau PNM Mekar adalah layanan permodalan yang khusus ditujukan bagi kaum perempuan prasejahtera yang merupakan pelaku usaha ultra mikro, baik yang sedang menjalankan usaha maupun sedang merintisnya. Adapun permodalan PNM Mekaar ini berbasis kelompok dan dapat digunakan untuk membiayai usaha ultra mikro tersebut. Dalam menjalankan kegiatannya, PNM Mekar tidak hanya menyediakan akses permodalan, namun juga melakukan pendampingan serta memfasilitasi peningkatan kapasitas para pelaku usaha secara berkelompok. Adapun pembiayaan berupa modal ini nantinya tidak dicairkan melalui koperasi Mekaar, melainkan melalui Bank BNI sebagai bank yang ditunjuk untuk menyalurkan permodalan PNM Mekar

Sebagai layanan permodalan yang bertujuan untuk meningkatkan usaha ultra mikro, Mekar PNM dapat diakses oleh siapa saja selama memenuhi kriteria dan syarat yang telah ditentukan. Adapun kriteria dan persyaratan PNM Mekar juga tidaklah sulit untuk dipenuhi, karena sebagian besarnya merupakan kriteria dan persyaratan umum yang sangat mudah untuk dilakukan. Maka dari itu, bagi para perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro yang sedang merintis atau ingin mengembangkan usahanya, layanan dari PNM Mekar ini sangat direkomendasikan. Namun, untuk bisa menikmati semua layanan yang diberikan oleh PNM Mekar, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui beberapa kriteria dan persyaratannya berikut ini Blt UMKM bri.

Kriteria dan Persyaratan PNM Mekar

PNM Mekar berkomitmen untuk menjembatani para perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro untuk merintis atau mengembangkan usahanya dengan memberikan permodalan serta program pendampingan dan peningkatan kapasitas dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu, layanan dari PT PNM Mekaar ini dapat diakses oleh semua pelaku usaha ultra mikro perempuan prasejahtera yang memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan. Adapun beberapa kriteria untuk bisa mengakses layanan PNM Mekar, antara lain, pertama, layanan ini hanya ditujukan bagi kaum perempuan prasejahtera yang sedang merintis atau mengembangkan usaha ultra mikro yang dimilikinya. 

Kedua, sebagaimana yang telah disebutkan, PNM Mekar adalah layanan permodalan yang diberikan secara berkelompok, dan oleh karenanya, setiap pemohon harus memiliki kelompok yang berisikan minimal 10 orang dengan dipimpin oleh seorang ketua kelompok. Ketiga, karena bersifat tanggung renteng kelompok, pembiayaan PNM Mekar tidak mensyaratkan agunan fisik. Walaupun demikian, setiap orang dalam kelompok tersebut harus disiplin untuk mengikuti proses Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) dan proses persiapan pembiayaan. Adapun PKM ini dilaksanakan sekali dalam seminggu sebagai kegiatan untuk pembinaan usaha dan pembayaran angsuran mingguan. Selain kriteria-kriteria tersebut, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan bantuan PNM Mekar, yaitu berstatus sebagai WNI, memiliki usaha mikro, dan telah terdaftar sebagai anggota aktif PNM Mekar

Adapun untuk bisa menjadi anggota aktif, terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan, yaitu, pertama, melakukan permohonan melalui petugas PNM Mekar atau mendatangi kantor cabang PNM Mekar terdekat. Apabila permohonan telah dilakukan, maka petugas PNM Mekar akan melakukan survei untuk menentukan apakah calon nasabah berhak menerima layanan PNM Mekar atau tidak. Kedua, apabila permohonan disetujui, maka nasabah akan mendapatkan bimbingan teknis mengenai apa saja aturan serta hak dan kewajiban nasabah PNM Mekar. Adapun yang perlu digarisbawahi adalah, semua kegiatan PNM Mekar dilakukan secara berkelompok, mulai dari proses pencairan dana, proses pembayaran angsuran mingguan, dan pendampingan.

Cara Cek Mutasi Dana Mekar PNM

Apabila permohonan sebagai nasabah PNM Mekar telah disetujui, maka nasabah akan mendapatkan sejumlah dana yang dapat digunakan sebagai modal untuk merintis dan mengembangkan usahanya. Mengingat pencairan dana PNM Mekar tidak dicairkan melalui koperasi Mekar PNM, melainkan melalui Bank BNI, maka nasabah dapat melakukan pengecekan apakah dana sudah diterima atau belum dengan dua cara, yaitu melalui mesin ATM dan melalui teller Bank BNI. Untuk mengecek dana melalui ATM BNI, nasabah bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, masukkan kartu ATM BNI ke dalam mesin ATM, lalu ketikkan PIN dengan benar. Kedua, masuk ke menu mutasi dan informasi rekening. 

Apabila dana telah masuk, maka terdapat tambahan saldo sebesar Rp 1,2 juta dalam rekening nasabah dan langsung dapat dicairkan dengan mendatangi kantor Bank BNI terdekat. Sementara itu, untuk mengecek melalui teller Bank BNI, nasabah bisa mencetak buku tabungan dan melihat apakah terdapat mutasi penambahan dana sebesar Rp 1,2 juta atau tidak.

Cek bank ini

Gaji: Min gaji Rp 2.2 Juta
Besaran rate bunga: Bunga tiap bualn 3.4%
Umur: Usia minimal 25 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Promo pinjaman bri syariah untuk kredit tanpa agunan terbaru 2021
Gaji: Minimal gaji 4 juta/ bulan
Besaran rate bunga: Bunga 2.3%
Umur: Usia min 19 tahun
→ Detail lebih
Kondisi peminjaman: Dapatkan pulsa darurat tanpa syarat hanya di Indosat 2021